Penyebab Kista Ganglion

Kista ganglion merupakan tonjolan atau benjolan pada jari-jari, pergelangan tangan, tangan, kaki, pergelangan kaki, lutut, bahu, tulang belakang, maupun pinggul sendi. Kista ganglion dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu.

Salah satu penyebabnya mungkin tendonitis, yakni peradangan pada selubung tendon. Kemungkinan lain keseleo, karpal tunnel sindrom (disfungsi salah satu saraf di pergelangan tangan), arthritis (radang sendi pergelangan tangan), kista ganglion (pembengkakan di atas punggung tangan atau pergelangan), atau patah.

Dalam banyak kasus, kista ganglion akan menyebabkan sakit dan tidak memerlukan pengobatan. Sering kali, kista ganglion dapat sembuh sendiri. Pengobatan untuk kista ganglion biasanya dilakukan karena sakit atau gangguan dengan gerakan sendi atau karena masalah kosmetik.

Kista ganglion dapat berupa kista tunggal ataupun berlobus. Biasanya memiliki dinding yang mulus, jernih dan berwarna putih. Isi kista merupakan musin yang jernih dan terdiri dari asam hialuronik, albumin, globulin dan glukosamin. Dinding kista terbuat dari serat kolagen. Kista dengan banyak lobus dapat saling berhubungan melalui jaringan duktus. Tidak terdapat nekrosis dinding atau selularitas epitel atau sinovia yang terjadi.

Kista ganglion timbul pada tempat-tempat berikut ini :

– Pergelangan tangan – punggung tangan (dorsal wrist ganglion), pada telapak tangan (volar wrist ganglion) atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tagan

– Telapak tangan pada dasar jari-jari (flexor tendon sheath cyst). Kista ini berasal dari saluran yang mejag tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibatiritasi pada tedon-tendonitis

– Bagian belakang tepi sendi jari (mucous cyst) terletak di sebelah dasar kuku. Kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan oleh arthritis.

Meskipun kista ganglion umumnya asimtomatik, gejala yang muncul dapat berupa keterbatasan gerak, parestesia dan kelemahan. Kista ganglion umumnya soliter, dan jarang berdiameter di atas 2 cm.

Dapat melibatkan hampir semua sendi pada tangan dan pergelangan tangan. Dorsal wrist, volar wrist, volar retinakular dan distal interfalangeal merupakan kista ganglion yang paling sering ditemukan pada tangan dan pergelangan tangan. Ganglion terbesar terletak di belakang lutut dan biasa disebut Kista Baker.

Ahli bedah tangan yang berpengalaman juga dapat mengenali ganglion dorsal okulta tersembunyi, yang dapat timbul dengan tekanan lembut pada regio fossa scapholunate. Nyeri terjadi dengan gerakan pergelangan tangan yang ekstrim. Temuan radiografik biasanya normal, dan MRI berguna dalam mengkonfirmasi diagnosis.

Komplikasi

Komplikasi yang mungkin terjadi tergantung pada lokasi dan ukuran ganglion. Komplikasi utama adalah keterbatasan gerak pada sendi dimana terdapat ganglion. Tidak seperti tumor lain, ganglion tidak pernah berubah menjadi ganas.
Komplikasi yang dapat terjadi akibat prosedur bedah yang dilakukan berupa rekurensi walaupun kemungkinannya tidak besar. Selain itu juga terdapat resiko infeksi, keterbatasan gerak, kerusakan serabut saraf atau pembuluh darah

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Ganglion and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.