Penyakit Kista Ganglion

Jika Anda menemukan satu benjolan di bagian manapun mungkin cukup menakutkan. Tetapi jika benjolan itu timbul di tangan atau di punggung pergelangan tangan Anda, itu merupakan kista ganglion. Kista ganglion adalah sebuah benjolan berisi cairan yang tidak berbahaya. Benjolan-benjolan ini sebenarnya bisa muncul di mana saja, seperti di tangan, jari-jemari dan juga bagian-bagian tubuh yang lain. Perempuan lebih mungkin mengalaminya daripada laki-laki, dan benjolan semacam ini lazim terjadi di kalangan pesenam.

Benjolan tersebut membengkak dengan adanya aktivitas fisik dan mengempes ketika tangan beristirahat. Walaupun sangat lunak dan agak nyeri, kista ganglion cenderung tidak terlalu sakit. Kabar baiknya adalah bahwa sekalipun tidak diobati, hampir sepertiga kista ini akan menghilang dengan sendirinya.

Kista ganglion biasanya timbul pada sendi dan menekan struktur di sekitarnya. Tumor ini dapat timbul di saraf mana saja tapi yang paling umum adalah pergelangan tangan karena melibatkan saraf ulnaris dan radialis, pada proksimal sendi radius-ulna (mengganggu saraf interosseus posterior), dan pada lutut (mengganggu saraf peroneus komunis). Penanganannya adalah terapi operasi yang memerlukan diseksi mikroskopik pada struktur saraf yang terlibat dan pengangkatan kista ganglion dari tempat asalnya di kapsul sendi.

Kista ganglion ini ukurannya sangat bervariasi. Pada umumnya muncul pada usia 20-60 tahun baik laki-laki maupun wanita. Namun, wanita 3 kali lebih banyak mengalami kista ganglion dibanding dengan pria.

Penyebab timbulnya kista ganglion ini belum diketahui dengan pasti. Namun banyak orang yang mempercayai bahwa penggunaan sendi secara berlebihan bisa menjadi penyebab timbulnya kista ganglion, seperti pada atlet angkat berat, pramusaji, dan pemain musik (terutama pemain bass). Kista ganglion yang terbentuk mengandung cairan yang sama dengan cairan pada sendi. Kista ini bukan merupakan kantung sinovial (sendi) yang keluar dari kapsul sendi.

Pada umumnya, kista ganglion tidak menimbulkan gejala dan keluhan apapun. Tidak terdapat rasa nyeri maupun gangguan pergerakan. Biasanya keluhan yang di alami lebih ke arah kosmetik.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada banyak kasus yang di alami, kista ganglion akan menghilang dengan sendirinya. Jika kista tersebut brkuran kecil dan tidak menimbulkan gejala aoaopu, tidak perlu dilakukan pengobatan.

Jika keluhan yang dirasakan akibat kosmetik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kista tersebut, yakni :

1. Operasi Bedah

Operasi bedah dengan menyayat langsung kulit diatasnya lalu mengeluarkan kista tersebut. Angka kekambuhan kista dengan menggunakan teknik ini adalah sekitar 5-10%. Angka ini dapat dikurangi jika Anda tidak menggerakkan (imobilisasi) sendi tempat kista tersebut berada selama 1-2 minggu

2. Aspirasi (Penyedotan)

Metode ini mempunyai angka kekambuhan sebesar 50%. Metode yang berkembang saat ini adalah metode yang dinamakan arthroskopi, yaitu dengan memasukkan “teropong” kecil pada sendi untuk melihat keseluruhan kista lalu kemudian mengangkatnya.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Ganglion and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>