Bahaya Kista Ganglion

Bahaya Kista GanglionPenyakit kista ganglion adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kantong berisi cairan sendi yang biasanya muncul pada bagian sendi misalnya adalah dibagian pergelangan kaki, tangan, dll. Dan penyakit kista ganglion merupakan salah satu jenis penyakit kista atau tumor jinak, umumnya tidak menimbulkan bahaya. Penyebab dari penyakit kista ganglion hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas. Dan gejala dari penyakit kista ganglion biasanya ditandai dengan munculnya benjolan yang bulat dengan batasnya yang tegas, dan disertai dengan adanya rasa nyeri jika kista menekan saraf didaerah sekitarnya, serta juga bisa menimbulkan gangguan pada pergerakan.

Bahaya Kista Ganglion

Penyakit kista ganglion untuk beberapa kasus dapat sembuh sendiri. Tetapi, jika sudah mucnul keluhan dokter biasanya akan menganjurkan untuk melakukan beberapa tindakan penanganan seperti dibawah ini :

  1. Imobilisasi yakni adalah membatasi gerakan supaya kista tidak semakin membesar dan tidak semakin menyebabkan terjadinya penekanan saraf dan menyebabkan nyeri.
  2. Aspirasi adalah dengan menyedot isi kista dengan menggunakan spuit atau jarum suntik. dan setelah itu, dokter akan menyuntikkan steroid dimasukkan ke dalam kantong kista supaya bisa mengurangi terjadinya resiko penyakit kista agar tidak kembali terbentuk.
  3. Operasi
    Tindakan penanganan yang satu ini adalah pengangkatan dari seluruh kantong kista dan setelah melakukan tindakan operasi, maka masih ada suatu kemungkinan untuk muncul kemambuhan atau juga pembentukan kista supaya terbentuk kembali.

Fakta mengenai bahaya kista ganglion adalah :

  1. Bahaya Kista anglion 50% dari penyakit tumor jaringan lunak di tangan serta lengan adalah penyakit kista ganglion.
  2. Biasanya bahaya kista ganglion lebih sering menyerang wanita
  3. Bahaya kista ganglion sekitar 70% kasus yang terjadi untuk usia 20-40 tahun, dan penyakit ini jarang terjadi untuk usia dibawah 10 tahun.
  4. Lokasi dari pertumbuhan ganglion biasanya lebih sering muncul dibagian punggung tangan yakni sekitar 60-70% dan kemudian terjadinya pada bagian pergelangan tangan serta telapak tangan. dan yang jarang terjadi adalah pada bagian jari, lutut, serta pergelangan kaki dan juga kaki.
Bahaya Kista Ganglion

Bahaya Kista Ganglion

Gejala dari bahaya kista ganglion adalah :

  1. Adanya tonjolan atau benjolan yang muncul dengan mendadak dan muncul dengan perlahan dibagian sendi
  2. Ukuran dari ganglion itu sendiri adalah sekitar 1-3 cm.
  3. Ganglion bisa mengecil dan malah hilang sendiri. Namun jika hilang, maka suatu saat dapat tumbuhlagi.
  4. Konsistensinya yang lunak serta tidak bisa bergerak dengan bebas.
  5. Sekitar 35% kasus ganglion biasanya tidak ditandai dengan rasa nyeri, namun pada sebagian besar malah ditandai dengan rasa nyeri yang biasanya tidak hilang dan akan semakin terasa nyeri jika sendi digerakkan. Maka harus dibedakan antara nyeri sendi akibat radang.
  6. Jika tumbuhnya mengenai bagian tendon, maka akan terasa lemas dibagian jari yang tendonnya ditumbuhi dengan adanya ganglion.

Hal yang harus dilakukan jika Anda menderita penyakit kista ganglion adalah :

  1. Meskipun bahaya kista ganglion tidak terlalu terlihat dan tidak berpeluang berubah enjadi ganas, tetapi ganglion bisa menjadi suatu hal yang sangat mengganggu. Dan jika ada suatu benjolan yang muncul pada bagian sendi, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.
  2. Jika nyeri yang terasa pada tonjolan ganglion hingga menghambat terjadinya pergerakan sendi.
  3. Dan jika semakin besar, maka akan menimbulkan dampak yang kurang baik dalam bentuk penampilan.

Biasanya dokter akan melakukan penegakkan diganosis, tanpa harus melakukan suatu pemeriksaan tambahan. Tetapi, jika dibutuhkan maka dokter biasanya akan meminta untuk melakukan USG di bagian tonjolan yang dicurigainya. Dengan melakukan USG, maka bisa dipastikan ada atau tidaknya pembuluh darah yang juga terkena dengan adanya pertumbuhan dari ganglion. Dan kemudian jika dicurigai oleh trauma, maka biasanya untuk bisa melihat fungsi serta keluhan sendi, maka juga bisa melakukan MRI.

Penanganan ganglion yang bisa dilakukan sendiri adalah :

  1. Meskipun bahaya kista ganglion tidak dapat dipastikan, sekitar 38-58% dari kasus ganglion bisa hilang senjdiri tanpa harus melakukan pengobatan sama sekali. Dan tidak ada suatu kecenderungan yang hilang bisa muncul kembali.
  2. Dan sangat ditekankan, pemijatan sangat dilarang untuk kasus kista ganglion. Karena akan menyebabkan kista menjadi pecah, dan pada akhirnya akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Memang dengan dipijat, ganglion akan hilang dengan cepat, namun biasanya akan kambuh lagi.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah untuk menghindari bahaya kista ganglion ;

  1. Karena hingga saat ini penyebabnya masih belum diketahui, maka ara yang bisa dilakukan adalah dengan memelihara kehidupan Anda dengan menerapkan hidup sehat.
  2. Kebiasaan menonsumsi makanan yang mengandung zat karsinogenik didalamnya seperti junkfood harus dihindari.
  3. Jika ganglion sudah diangkat dan disedot, maka resiko untuk kembali kambuh bisa saja terjadi. Dan cara mencegah yang bisa dilakukan adalah dengan memelihara sendi yang pernah ditumbuhi dengan galion supaya tidak diberi beban dengan terlalu berat.

Itulah informasi mengenai Bahaya Kista Ganglion semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Bahaya Kista Ganglion

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Ganglion and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.